Mari Bernostalgia dengan 7 Merek Ponsel Fenomenal yang Ternyata Asli Indonesia

Mari Bernostalgia dengan 7 Merek Ponsel Fenomenal yang Ternyata Asli Indonesia

Mari Bernostalgia dengan 7 Merek Ponsel Fenomenal yang Ternyata Asli Indonesia

Semarakkan semangat dan aksi kolaborasi Festival Negeri Kolaborasi live di seluruh kanal media sosial GNFI. Informasi lebih lanjut kunjungi FNK 2021.

Di zaman teknologi secanggih sekarang, semua orang membutuhkan ponsel untuk melengkapi aktivitas sehari-hari. Seiring berkembangnya zaman pun, ponsel menjadi makin beragam dengan segala keunggulannya.

Di Indonesia sendiri, pasar ponsel didominasi oleh merek-merek asing, seperti Samsung dan Apple. Selain itu, ada juga pabrikan Cina misalnya Oppo, Xioami, dan Vivo. Namun, apakah kawan GNFI tahu bahwa Indonesia juga memproduksi ponsel lokal.

Mungkin ada di antara Kawan yang belum sadar bahwa beberapa merek ini adalah produk buatan negeri kita sendiri. Sayangnya, sebagian merek-merek ponsel lokal ini sudah berhenti memproduksi.

Hal ini dikarenakan makin banyaknya produk luar negeri yang masuk ke tanah air. Jadi, tidak heran jika sedikit orang yang mulai meninggalkan merek lokal ini. Meski begitu, ada juga di antara mereka yang terus berinovasi mengeluarkan produk baru. Berikut daftar merek ponsel lokal asli buatan Indonesia.

Mito

Tentu, sebagian besar dari Kawan sudah tidak asing lagi dengan ponsel Mito bukan? Ya, salah satu smartphone fenomenal Indonesia ini diproduksi oleh PT Maju Express Indonesia sejak tahun 2004.

Dahulu, Mito menargetkan pasar entry-level dengan smartphone dibawah 1 jutaan. Namun sayangnya, seiring berjalannya waktu, merek ini tergeser sedikit demi sedikit karena banyaknya brand asing yang masuk ke Indonesia.

Performa Operator Seluler Indonesia Masuk Kategori Global Rising Stars Versi OpenSignal

Selain memproduksi smartphone, Mito juga memiliki sejumlah produk tablet. Namun, saat ini Mito mulai menarget pasar wearable device seperti, smartwatch dan smartband. Sekarang, sudah banyak smartwatch yang diproduksi olehnya. Mulai dari smartwatch Gear W2, Gear 50PRO, FitBand 1, dan beberapa produk lainnya.

Advan

Data Canalys Kuartal 4 2021 | Foto: Canalys

Hingga saat ini, Advan menjadi salah satu ponsel buatan Indonesia terbaik yang masih aktif untuk terus berinovasi, demi pengembangan produknya. Bahkan, brand ini sempat menduduki peringkat lima besar ponsel terlaris di Indonesia pada tahun 2018.

Merek ini tergolong agresif untuk menciptakan ponsel entry-level. Salah satunya, Advan G9Pro dengan RAM 6GB, daya baterai 5.200 mAh, dan triple kamera utama yang hanya dibanderol seharga 1 jutaan saja.

Tidak terbatas smartphone saja, Advan juga memiliki beberapa inovasi produk lain. Mulai dari tablet, router, hingga smart mobile POS yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pembayaran uang elektronik dengan mudah.

Evercoss

Evercoss Tera S6 | Foto: Tirto.id

Siapa yang tidak tahu ponsel satu ini? Sadarkah Kawan bahwa smartphone ini ternyata buatan Indonesia?

Dulunya, perusahaan yang didirkan pada tahun 2008 di Jakarta ini memiliki nama Cross Mobile. Berselang lima tahun kemudian, tepatnya pada 2013, Cross Mobile berganti nama menjadi Evercoss yang diproduksi di Kota Semarang. Merek lokal ini juga menjadi playmaker di pasar smartphone murah dengan harga 2 juta ke bawah.

Andalkan Ponsel 5G Murah, Vendor Ini Bidik Gelar Top 3 Kuartal III 2021 di Pasar Indonesia

Himax

Mungkin, banyak orang yang masih sedikit asing dengan merek ponsel lokal asli Indonesia ini. Namun, Himax merupakan merek lokal yang sudah berdiri sejak tahun 2012.

Himax merupakan salah satu brand yang memproduksi smartphone berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau pada zamannya. Brand yang kerap kali memproduksi smartphone keren ini mengklaim bahwa produknya tidak kalah, jika dibandingkan dengan brand Asia lainnya, seperti Vivo dan Xiaomi.

Polytron

Hingga saat ini, Polytron dikenal sebagai merek produk elektronik dengan kualitas terbaik. Namun, apakah Kawan GNFI tahu bahwa perusahaan yang didirikan sejak 1975 ini juga memproduksi smartphone?

Setiap Tahun, Jumlah Kepemilikan Ponsel di Indonesia Kian Meningkat

Meskipun saat ini tidak produktif dalam mengembangkan smartphone barunya, Polytron sempat meluncurkan sejumlah ponsel dengan nama Polytron Mobile. Jika dilihat saksama, saat ini Polytron lebih fokus untuk pengembangan alat elektronik, seperti headphone bluetooth, TV, AC, dan produk lainnya.

Nah itulah daftar smartphone lokal asli buatan Indonesia. Meskipun tidak seeksis merek ponsel luar negeri, tapi kita patut berbangga karena Indonesia juga bisa memproduksi ponselnya sendiri. Mana di antara ponsel di atas yang pernah Kawan gunakan?*

Referensi: Canalys | Hitekno | Pintar Gadget

 

 

 

 

 

 

View this post on Instagram

 

 

 

 

 

 

 

A post shared by Kawan GNFI Official (@kawangnfi)

 

Baca kabar baik lainnya di Good News From Indonesia

Total Page Visits: 271 - Today Page Visits: 2

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *