Cara Mudah Mengkoneksikan Database MySql ke Java Netbeans

By joncode07:1514 comments

Hallo sahabat bloger…, gimana kabarnya.?? semoga baik-baik saja ya sobat…!! Ok kali ini saya akan berbagi tutorial tentang “Cara Mengkoneksikan Database MySql ke Java Netbeans”. Mungkin sebagian anda yang sudah mengenal tentang pemrograman, kalimat Mengkoneksikan database sudah sering anda dengar. Tapi sebagian anda yang baru belajar pemograman dan ingin mengkonseksikan database menggunakan bahasa pemrograman Java menggunakan Netbeas masih belum bisa. Terutama mengkoneksikan database MySql. Nah, untuk mengetahui tentang MySql lebih detil, di mbah google sudah banyak kok artikel tentang Database MySql, dan anda bisa googling aja di sana. :)Ok, tanpa basa-basi, lansung saja ke pokok permasalahan tentang “Cara Mengkoneksikan Database MySql ke Java Netbeans”, berikut langkah-langkahnya :

1. Silahkan anda buat Database MySql terlebih dahulu, dengan nama terserah anda. Karena artikel saya sebelumnya tentang “Cara Membuat DataBase MySql di phpMyAdmin” maka disini saya samakan saja nama database pada tutorial saya sebelumnya, yaitu database MySql saya sebelumnya adalah dengan nama “dbcontoh”. Sebelumnya, bagi anda yang masih bingung membuat Databasee MySql, sebaiknya silahkan anda baca terlebih dahulu artikel tentang “Cara Membuat DataBase MySql di phpMyAdmin“.
2. Jika database sudah anda buat, silahkan anda buka Netbeans anda, dan pada netbeans anda buatlah:- sebuah projeck java baru dengan nama “konksi_mysql”,- dan di dalam project “koneksi_mysql” buatlah satu buah class baru dengan nama “koneksi”(sebelumnya silahkan anda baca artikel tentang “Cara Membuat Class Baru di Netbeans“)– dan di dalam project itu juga buatlah sebuah form baru dengan nama “tes_koneksi”.(sebelumnya silahkan anda baca artikel tentang “Cara Membuat Form Baru di Netbeans“)
3. Setelah langkah 2(dua) anda lakukan, maka di netbeans anda akan terlihat seperti gambar di bawah ini :

4. Setelah itu, pada bagian “Libraries”, silahkan klik Kanan dan pilih “Add Library”

5. Kemudian akan tampil tab “Add Library”. Pada tab “Add Library”, cari “MySQL JDBC Driver”, kemudian klik “Add Library”

6. Hingga pada folder project Libraries anda sudah ada “MySQL JDBC Driver” seperti pada gambar berikut :

7. Setelah sampai pada langkah 6(enam), berikutnya pada class “koneki” silahkan ketikkan kode berikut :

kurang lebih hasil kodingnya di class “koneksi” seperti gambar berikut :

Keterangan :– pada pengkodingan bagian “dbcontoh“, itu adalah nama dari database yang sudah kita buat tadi– dan pengkodingan pada bagian “JOptionPane.showMessageDialog(null, “Konesi ke Database BERHASIL”);” itu adalah menampilkan pesan bahwasanya Koneksi ke database BERHASIL.– sedangkan pengkodingan bagian. “JOptionPane.showMessageDialog(null, “Konesi ke Database GAGAL”);” itu adalah menampilkan pesan bahwasanya Koneksi ke database GAGAL.
8. Selanjutnya, silahkan buka form “tes_koneksi” dan pada form tersebut berilah sebuah tombol “Button” dengan text “TES KONEKSI”

9. Setelah itu pada button “TES KONEKSI”, silahkan ketikkan koding sebagai berikut :
Connection con = new koneksi().getConnection();
Hingga hasilnya seperti gambar berikut :

Keterangan koding:pada koding diatas, maksudnya adalah utuk pemanggilan class “koneksi”.sedangkan pada coding pemanggilna clas “koneksdi” yang pada bagian  “koneksi()” itu adalah nama class “koneksi“.10. Sekarang silahkan anda jalankan project anda, dan apabila pada saat di jalankan, dan anda klik tombol “TES KONEKSI” dan tampil pesan seperti gambar dibawah ini, berarti koneks anda berhasil.

Nah apabila anda sudah sampai pada langkah 10(sepuluh) dan hasilnya seperti pada gambar langkah 10(sepuluh) berarti koneksi database MySql anda telah berhasil. Dan selamat mencoba….!!! ­čÖé
Ok, sekian tutorial dari saya tentang “Cara Mengkoneksikan Database MySql ke Java Netbeans”, semoga bermanfaat, dan salah serta kekurangannya pada tulisan saya ini, saya minta ma’af.
Bagi anda yang ingin mengetahui Tips-tips Ampuh Agar Cepat Mahir Pemrograman Java, silahkan anda baca juga atikel tentang Tips-tips Ampuh Agar Cepat Mahir Pemrograman Java.
Seperti biasa, bagi anda yang ingin diskusi tentang pemrograman Java, silahkan gabung di group FB “Forum Programer Java dan PHP Indonesia“.
Salam Sukses bro.

Sumber : https://joncode.blogspot.com/2015/11/cara-mengkoneksikan-database-mysql-ke.html

Total Page Visits: 10 - Today Page Visits: 1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *